6 cara mengatasi bibir kering pada musim kemarau

Musim kemarau bukan hanya bibir kering tapi juga merusak kulit secara keseluruhan. Perlu cara mengatasi apalagi musim kemarau yang berkepanjangan yang mengakibatkan fatal bagi kesehatan kulit dan keseluruhan pada umumnya.

bibir
Sengatan matahari pada musim kemarau akan merusak kulit pada umumnya

Panas dan sinar matahari dapat mengeringkan kulit sehingga membuatnya kasar, pecah-pecah, dan terbakar. Kebanyakan orang menemukan cara untuk mengurangi dampak elemen musim panas pada kulit dan rambut, tetapi seringkali mengabaikan perawatan bibir. Selama musim panas, bibir kita bisa mengalami kerusakan, jadi bibir itu perlu perawatan juga. Sinar matahari dan panas yang berlebihan dapat mengeringkan bibir sehingga bibir menjadi kering dan merekah.

Bibir tidak mengandung kelenjar penghasil minyak sehingga tidak menghasilkan minyak seperti kulit kita. Panas berlebih dan sinar matahari PBB bisa mengeringkan bibir kita. Ada sejumlah efek paparan berlebih pada matahari dan peningkatan suhu yang meliputi rasa sakit, kemerahan, kekasaran, kulit bibir terkelupas, pendarahan, dan kelembutan. Selain itu, kulit tipis pada bibir Anda tidak memiliki melanin yang merupakan pigmen yang melindungi kulit dari kerusakan sinar UV, sehingga sangat penting bahwa bibir dilindungi dengan tabir surya.

Berlatih perawatan bibir rutin dapat memastikan bibir tetap halus dan lembut sepanjang bulan-bulan musim panas. Kiat perawatan bibir berikut ini akan membantu menjaga bibir Anda sehat dan lembut.

Berikut ini cara mengatasi bibir kering pada musim kemarau

1. Oleskan Lip balm atau Balsem Bibir:
Balsem bibir melindungi bibir dari sinar matahari dan elemen keras lainnya. Bahan ini akan  melembabkan dan mencegah bibir mengering dan pecah-pecah. Ada lip balm yang tersedia dengan perlindungan SPF. Balsem bibir organik adalah salah satu pilihan yang lebih baik. Minyak wijen juga merupakan produk yang baik untuk menenangkan bibir. Selain itu, Shea butter membantu sel-sel kulit mempertahankan kelembaban dan mengembalikan elastisitas.

2. Minum air yang cukup.
Usahakan agar tetap minum banyak air selama bulan-bulan musim panas, tubuh dan kulit Anda akan tetap terhidrasi. Ini juga akan membantu menjaga bibir anda terhindar dari terhidrasi.

3. Jangan mengiritasi bibir anda:
Hindari menjilat bibir Anda karena itu akan meningkatkan iritasi. Menggigit kulit di bibir Anda hanya akan memperburuk iritasi bibir yang akan menghambat penyembuhan. Ini merobek kulit bibir dan mendorong pengeringan.

4.Hindari sinar matahari langsung
Matahari dapat menyebabkan bibir terbakar dan pecah-pecah. Menutupi bibir Anda dengan lip balm atau lipstik akan menghentikan sinar matahari membakar bibir.

5. Diet Sehat
Makan sayur dan buah akan menyediakan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bibir.

6. Terapkan Lip Gloss.
Lip gloss adalah tambahan kosmetik yang bagus yang mengandung banyak sifat pelembab. Itu membuat bibir Anda menarik sekaligus membuktikan perlindungan dari dehidrasi. Ada beragam lipgloss yang tersedia.

Perawatan siang hari: Sebelum anda tidur, oleskan krim pelembab pada bibir Anda. Di pagi hari anda akan memiliki bibir yang halus dan lembut.

Perawatan bibir di pagi hari.  Di ​​pagi hari, sikat bibir Anda dengan sikat gigi bayi yang lembut untuk menghilangkan kulit yang terkelupas. Lalu, oleskan beberapa lip balm ke bibir Anda.

Selama musim panas, panas, angin, dan matahari, bisa mengeluarkan kelembapan dan merusak bibir. Penting untuk mencegah efek merusak dari paparan dengan menggunakan produk perawatan bibir yang menenangkan, memulihkan, menyembuhkan, dan melembabkan bibir. Mengikuti rutinitas perawatan bibir setiap hari akan memastikan bibir yang indah dan lembut.

Baca juga Cara mencerahkan bibir secara alami

Komentar